| 0 comments ]

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipastikan tetap akan membuka jalur seleksi mandiri dalam penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2010/2011, meski beberapa perguruan tinggi (PT) lain menghapusnya.

Hanya berbeda dengan tahun lalu, seleksi mandiri calon mahasiswa baru tersebut diadakan setelah hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan.

Demikian disampaikan Rektor UNY, Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA kepada wartawan, di ruang kerjanya, kemarin (21/1), menjawab keragu-raguan para calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri ke UNY.

Rektor menandaskan, UNY tetap membuka jalur seleksi mandiri guna mengakomodasi para siswa yang memiliki potensi/bakat di luar kemampuan akademik. ''Kami ingin memberikan kesempatan bagi para siswa yang memiliki potensi non-akademik seluas-luasnya tanpa memandang sekolah itu favorit atau tidak.'' tegasnya.

Seperti diketahui, selama ini SNMPTN baik melalui jalur ujian tertulis maupun pencarian bibit unggul lebih mengakomodir kemampuan akademik. Ditambahkan, hal tersebut tidak menyalahi aturan, karena Peraturan Mendiknas (Permendiknas) Nomor 34/2010 masih memberikan ruang (kuota) sekitar 40% bagi perguruan tinggi untuk menerima mahasiswa di luar jalur SNMPTN.

Menegaskan apa yang disampaikan Rektor, Pembantu Rektor 1 UNY Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt menjelaskan, sesuai dengan Permendiknas Nomor 34/2010 tersebut, penerimaan mahasiswa baru 60% melalui jalur seleksi nasional (SNMPTN) dan jalur undangan, sedangkan 40% akan dijaring melalui seleksi mandiri.

Seleksi nasional, rencananya akan dimulai awal Februari sampai dengan Juni, setelah itu baru dilaksanakan jalur seleksi mandiri.

0 comments

Post a Comment